RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP DWI DHARMA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : ALJABAR
4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 4.4. Menyajikan himpunan dengan
diagram Venn.
Alokasi Waktu : 6 jam
pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta
didik dapat menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan dengan
diagram Venn.
b. Peserta didik dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan
diagram Venn.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar.
Mengenal
diagram Venn.
C. Metode
Pembelajaran.
Ceramah, tanya
jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan.
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini.
- Membahas PR.
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara
menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan serta komplemen suatu himpunan
dengan diagram Venn, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan
materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester
2, mengenai mengenal Diagram Venn).
F Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara
menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan serta komplemen suatu himpunan dengan
diagram Venn.
F Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
penggambaran himpunan-himpunan yang diberikan dalam satu diagram Venn, mengenai
penyajian irisan dari dua himpunan dengan diagram Venn, dan mengenai penyajian gabungan
dari dua himpunan dengan diagram Venn
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil
Belajar .
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
·
Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan
diagram Venn
· Menyajikan
kurang(selisih) suatu himpunan dari
himpunan lainnya dengan diagram Venn
· Menyajikan
komplemen suatu himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P
= {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q
= {h, i, j, k, l, m}
Manakah
yang merupakan P ∩ Q?
Manakah
yang merupakan P U Q?
Gambarlah
pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s,
t}
Q
= {h, i, j, k, l, m}
Manakah
yang merupakan P-Q?
Gambarlah
pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S adalah himpunan semua bilangan
bulat, dan A adalah himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.
Manakah
yang merupakan Ac?
|
Mengetahui,
Kepala SMP DWI DHARMA
(Drs. SURATNO)
|
|
Mojowarno, ............
Guru
Mapel Matematika.
(NIKMATUR RODLIYANA,
S.Pd )
|
No comments:
Post a Comment