Tuesday, July 8, 2014

CONTOH RPP MATEMATIKA KLS VII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     SMP DWI DHARMA
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   :  ALJABAR     
                                   4.     Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar                     : 4.4. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn.
Alokasi Waktu           : 6 jam pelajaran

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan dengan diagram Venn.
         b.   Peserta didik dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.      Materi Ajar.     
            Mengenal diagram Venn.

C.     Metode Pembelajaran.
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan.
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.

         Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan serta komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 2,  mengenai mengenal Diagram Venn).        
F     Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan serta komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.
F     Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai penggambaran himpunan-himpunan yang diberikan dalam satu diagram Venn, mengenai penyajian irisan dari dua himpunan dengan diagram Venn, dan mengenai penyajian gabungan dari dua himpunan dengan diagram Venn
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø             berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø             membantu menyelesaikan masalah;
Ø             memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø             memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø             memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 2.
-        Buku referensi lain.

Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F. Penilaian Hasil Belajar      .          
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn
·  Menyajikan kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
·  Menyajikan komplemen suatu himpunan
Tes tertulis
Uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P ∩ Q?
Manakah yang merupakan P U Q?

Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P-Q?

Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S adalah himpunan semua bilangan bulat, dan A adalah himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.
Manakah yang merupakan Ac?



        

Mengetahui,
Kepala SMP DWI DHARMA



(Drs. SURATNO)


Mojowarno, ............
Guru Mapel Matematika.



(NIKMATUR RODLIYANA, S.Pd )


No comments:

Post a Comment