RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP GAJAH MADA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan.
Alokasi Waktu : 12 jam
pelajaran
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Pertemuan
Pertama :
o
Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
o
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
-
Pertemuan
Kedua :
o
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
o
Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan
pembagian bilangan bulat.
-
Pertemuan
Ketiga :
o
Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga
serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
-
Pertemuan
Empat :
o
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan
harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara
menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat secara
Disiplin ( Discipline )
-
Pertemuan
Kelima:
o
Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan
jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan
permil.
o
Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk
pecahan yang lain.
o
Peserta didik dapat mengurutkan pecahan.
-
Pertemuan
dan Keenam:
o
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung:
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
o
Peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk
baku.
o
Peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal.
-
Pertemuan
Ketujuh :
o
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan
harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran,
pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, persen,
permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan
desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan
menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Bilangan Bulat, yaitu mengenai:
a. Mengenal bilangan negatif.
b. Menjumlah,
mengurang, mengali, dan membagi bilangan bulat.
c.
Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
d.
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
e. Mengingat bilangan pecahan.
f. Mengenal
pecahan biasa dan campuran.
g. Mengenal
pecahan yang senilai.
h. Mengurutkan
pecahan.
i.
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya.
j.
Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.
k. Menyelesaikan
operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
l.
Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
m. Menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku.
n. Menaksir
hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
Bilangan terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, ...) dan negatifnya (-1, -2, -3, ...; -0 adalah sama dengan 0 dan tidak dimasukkan lagi secara terpisah). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan.
Himpunan semua bilangan bulat dalam matematika dilambangkan dengan Z (atau ), berasal dari Zahlen (bahasa Jerman untuk "bilangan").
Himpunan Z tertutup di bawah operasi penambahan dan perkalian. Artinya, jumlah dan hasil kali dua bilangan bulat juga bilangan bulat. Namun berbeda dengan bilangan asli, Z juga tertutup di bawah operasi pengurangan. Hasil pembagian dua bilangan bulat belum tentu bilangan bulat pula, karena itu Z tidak tertutup di bawah pembagian.
Penambahan
|
Perkalian
|
|
a + b
adalah bilangan bulat
|
a × b
adalah bilangan bulat
|
|
a + (b + c) = (a + b) + c
|
a × (b × c) = (a × b) × c
|
|
a + b = b + a
|
a × b = b × a
|
|
a + 0 = a
|
a × 1 = a
|
|
a + (−a) = 0
|
||
a × (b + c) = (a × b) + (a × c)
|
||
jika a × b = 0, maka a
= 0 atau b = 0 (atau keduanya)
|
1.
Mengenal bilangan negatif
Operasi
penjumlahan bilangan bulat negatif merupakan salah satu materi yang sulit di
kuasai oleh siswa, padahal materi ini merupakan prasyarat beberapa pokok
bahasan di tingkat selanjutnya. Konsep penjumlahan bilangan bulat negatif
merupakan konsep dasar yang harus dikuasai siswa. Namun meskipun materi ini
sudah diajarkan sejak SD, ternyata di tingkat SMP masih banyak yang belum
menguasainya.
Bahkan di tingkat SMA masih ada saja yang bingung menghadapi masalah penjumlahan bilangan negatif ini. Saya pernah bertanya pada siswa berapa hasil -7 + 4, ternyata lebih dari separo bagian siswa di kelas menjawab salah, kesalahan terbanyak adalah siswa menjawab -11.
Kali ini akan saya ceritakan pengalaman saya mengajar anak SD dan SMP dengan metode yang kita pinjam dari pelajaran IPA yaitu muatan listrik. Kita tahu bahwa muatan listrik positif bertemu dengan negatif akan menjadi netral atau bisa dikatakan nol. Ini kita jadikan kesepakatan yang paling utama. Jadi kalau -4 bertemu +4 akan jadi nol.
Begini jelasnya, misalnya kita akan menghitung 6 – 7 , berarti positif 6 bertemu negatif 6 hasilnya nol, sisanya masih negatif 1, artinya hasilnya -1.
Perhatikan gambar berikut :
Contoh lain, -4 -3 hasilnya dapat dijelaskan dengan gambar berikut :
Bahkan di tingkat SMA masih ada saja yang bingung menghadapi masalah penjumlahan bilangan negatif ini. Saya pernah bertanya pada siswa berapa hasil -7 + 4, ternyata lebih dari separo bagian siswa di kelas menjawab salah, kesalahan terbanyak adalah siswa menjawab -11.
Kali ini akan saya ceritakan pengalaman saya mengajar anak SD dan SMP dengan metode yang kita pinjam dari pelajaran IPA yaitu muatan listrik. Kita tahu bahwa muatan listrik positif bertemu dengan negatif akan menjadi netral atau bisa dikatakan nol. Ini kita jadikan kesepakatan yang paling utama. Jadi kalau -4 bertemu +4 akan jadi nol.
Begini jelasnya, misalnya kita akan menghitung 6 – 7 , berarti positif 6 bertemu negatif 6 hasilnya nol, sisanya masih negatif 1, artinya hasilnya -1.
Perhatikan gambar berikut :
Contoh lain, -4 -3 hasilnya dapat dijelaskan dengan gambar berikut :
C. Metode
Pembelajaran
þ Ceramah,
þ tanya
jawab,
þ diskusi,
þ pemberian
tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan
Pertama
A.
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
-
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan
tentang pentingnya mempelajari materi ini.
B.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Sugi
dan Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
F Peserta
didik dapat menentukan letak bilangan
bulat dalam garis bilangan
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi peserta didik Membaca teks puisi dengan lafal
dan intonasi yang tepat
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“
dalam buku paket mengenai bilangan bulat
(bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangan kurang
dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak bilangan bulat dalam garis bilangan, pengurutan
bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas individu.
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara
bertanggung jawab ( responsibility );
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Ø
Pertemuan
Kedua
A.Pendahuluan
:- Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara
melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan
bulat termasuk operasi campuran, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan ateri tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 1, mengenai menjumlahkan
bilangan bulat (dengan garis bilangan atau model koin), mengenai mengurangkan
bilangan bulat (dengan garis bilangan atau model koin), mengenai mengalikan
bilangan bulat, dan mengenai membagi bilangan bulat).
F Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara melakukan
operasi penjumlahan dan pengurangan (dengan garis bilangan atau model koin),
perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
F Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada
mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan,
mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan model koin, berturut-turut mengenai
cara mengurangkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan dan model koin.
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Peserta
didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket
berturut-turut mengenai penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis
bilangan dan model koin, dan
berturut-turut mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan
garis bilangan dan model koin.
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“
dalam buku paket mengenai penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis
bilangan dan model koin, serta sifat-sifat pada operasi penjumlahan, mengenai
pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin,
serta sifat-sifat pada operasi pengurangan, juga mengenai pertanyaan terbuka,
operasi campuran, dan pola bilangan, mengenai perkalian bilangan bulat dan
operasi pangkatnya, dan mengenai pembagian bilangan bulat dan operasi
pangkatnya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai
hasil perkalian dua bilangan bulat yang bertanda sama dan berbeda tanda,
mengenai sifat perkalian bilangan berpangkat pada blangan bulat, kemudian
peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dalam
buku paket.
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Ø
Pertemuan
Ketiga
A.Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan
tentang pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara
menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan cara menghitung
kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan
bulat, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1, mengenai cara menaksir hasil perkalian dan
pembagian bilangan bulat, dan. mengenai cara menghitung kuadrat dan pangkat
tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan atau tanpa
kalkulator, mengenai pemecahan masalah).
F Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara
menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan cara menghitung
kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan
bulat.
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada yang belum terselesaikan/dibahas di
kelas, serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ dan “Portofolio“.
Ø
Pertemuan
Keempat
A.
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
-
Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan,
mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian
dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta
akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan
dengan materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan,
mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian
bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan
akar pangkat tiga bilangan bulat..
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
F Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan
bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
F Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang bilangan
pecahan.
Ø
Pertemuan
Kelima
A.
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai contoh
berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran,
desimal, persen, dan permil), cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan
yang lain, dan cara mengurutkan pecahan, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 1, mengenai mengingat
bilangan pecahan, mengenai mengenal pecahan biasa dan campuran, mengenai mengenal
pecahan yang senilai, mengenai mengurutkan pecahan, mengenai mengubah pecahan
biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai mengenal persen dan
permil, dan mengenai mengenal bilangan desimal).
F Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai contoh
berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran,
desimal, persen, dan permil), cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan
yang lain, dan cara mengurutkan pecahan.
F Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada
mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar
yang diwarnai dan diraster, mengenai cara mencari pecahan yang senilai,
mengenai cara menyederhanakan suatu pecahan, mengenai cara mengurutkan pecahan,
mengenai cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya,
mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk persen dan permil dan
sebaliknya, dan mengenai cara mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk desimal,
cara mengurutkan beberapa bilangan desimal menggunakan garis bilangan, dan cara
membulatkan bilangan desimal sampai satu dan dua tempat desimal.
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Peserta
didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai
bilangan pecahan, mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh
suatu model gambar, mengenai penentuan pecahan yang senilai, mengenai
mengurutkan pecahan, mengenai mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk persen
dan permil dan sebaliknya, dan mengenai bilangan desimal
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“
dalam buku paket mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh
suatu model gambar yang diarsir, mengenai penentuan pecahan yang senilai, dan
penyederhanaan pecahan, mengenai pengurutan pecahan, mengenai pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan
campuran dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk
persen dan permil dan sebaliknya, dan mengenai pengubahan pecahan biasa atau
campuran ke dalam bentuk desimal dan sebaliknya, pengubahan suatu bilangan
desimal dalam bentuk persen, pengurutan beberapa bilangan desimal menggunakan garis
bilangan, dan pembulatkn bilangan desimal sampai satu dan dua tempat desimal,
kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban
soal tersebut.
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai
penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang
diwarnai/diraster, dan mengenai pengurutan pecahan, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dalam
buku paket.
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Ø
Pertemuan
Keenam
A.
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
B.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara
menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
dan pangkat bilangan pecahan dan
bilangan desimal, cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta cara
menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal, kemudian antara
peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu
buku Matematika Kelas VII Semester 1,
mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan pecahan, mengenai cara menyelesaikan operasi
hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan desimal,
mengenai cara menyelesaikan perpangkatan pecahan, mengenai cara menuliskan bilangan
pecahan bentuk baku, serta mengenai cara menaksir hasil operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal).
F Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara
menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
dan pangkat bilangan pecahan dan
bilangan desimal, cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta cara
menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
F Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada
mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai cara
menyelesaikan perkalian pecahan, mengenai cara menyelesaikan pembagian pecahan,
mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, mengenai
cara menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan desimal, mengenai cara
menuliskan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, mengenai cara menaksir hasil
operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai cara menaksir hasil
operasi perkalian dan pembagian pecahan, mengenai cara menaksir hasil operasi
penjumlahan desimal, dan mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan
pembagian desimal.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“
dalam buku paket mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai
perkalian dan pembagian pecahan, mengenai pemecahan masalah, mengenai
penjumlahan dan pengurangan desimal, mengenai perkalian dan pembagian bilangan desimal,
mengenai perpangkatan pecahan atau desimalmengenai penulisan bilangan desimal
ke dalam bentuk baku, mengenai penaksiran hasil operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada
pecahan dan desimal.
F Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai
perkalian pecahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Ø
Pertemuan
Ketujuh.
A.
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
-
Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang
senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, persen,
permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan
desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan
menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
B.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara
Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
F Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
F Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 1
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop,LCD,OHP
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
Ø Memberikan contoh bilangan bulat.
Ø
Menentukan letak
bilangan bulat dalam garis bilangan.
Ø
Melakukan operasi
penjumlah-an, pengurang-an, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk
operasi campuran.
Ø
Menaksir hasil perkalian dan
pembagian bilangan bulat.
Ø
Menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
Ø
Memberikan contoh berbagai
bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal,
persen, dan permil.
Ø
Mengubah bentuk pecahan ke
bentuk pecahan yang lain.
Ø Mengurut-kan
pecahan.
Ø Menyelesai-kan
operasi hitung: penjumla-han, pengurang-an, perkalian, pembagian, dan pangkat
bilangan pecahan dan bilangan desimal.
Ø
Menuliskan bilangan pecahan
bentuk baku.
Ø Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan
desimal.
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
|
1. Perhatikan daftar berikut: -60, 10, 15,
24, +85, -6, 0, 3.
a.
Tulislah bilangan bulat
positifnya.
b.
Tulislah bilangan bulat
negatifnya.
c. Manakah yang bukan
bilangan bulat positif
maupun negatif.
2. Letakkan
bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.
a. -6, 5, -8, 0, 1
b. -1, -2, 3, 4, 10
3. Hitunglah.
a. 4 + (-6)
b. -14 – (-20)
c. 3 x (-7 + 10)
d. 18 : (-3)
4. Hitunglah.
a. Kuadrat dari (-20)
b.
c.
d.
5. Dalam
suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila
seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 menang,
dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ....
6. Sederhanakanlah
bentuk perkalian 3 3 3 5 5 5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.
7. Tulislah
sebagai pecahan
biasa.
8. Tulislah
sebagai pecahan
campuran.
9. Tulislah dalam persen dan
permil.
10. Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang
terkecil.
a.
b.
11. Ubahlah pecahan dalam bentuk
desimal.
12. Hitunglah:
a.
b.
c. 16,7 + 4,25
d. 5,8
– 4,37
e.
13. Tulislah
dalam bentuk baku.
a. 0,00000007201
b. 25,6
14. Taksirlah.
a.
b.
c. 1,39 + 0,69
d. 72,3 : 8,7
15. Jika , berapakah
nilai ?
16. Berapakah
9 + 18 : 4,5 ?
a.
6 c. 31,5
b. 13
d. 36
|
Mengetahui,
Kepala SMP GAJAH MADA
(Drs. SURATNO)
|
Mojowarno, ............
Guru
Mapel Matematika.
(NIKMATUR RODLIYANA,
S.Pd )
|
No comments:
Post a Comment